Tes Swab Antigen Taruna/i PRODI Aeronautika STTKD Tingkat 2 Sebelum Mengikuti Praktek Offline

Swab Antigen atau yang lebih dikenal dengan Rapid test antigen adalah tes diagnostik cepat Covid-19 yang dilakukan untuk mendeteksi keberadaan antigen virus Covid-19 pada sampel yang berasal dari saluran pernapasan. Antigen akan terdeteksi ketika virus aktif bereplikasi. Itu sebabnya rapid antigen paling baik dilakukan ketika orang baru saja terinfeksi. Sebelum antibodi muncul untuk melawan virus yang masuk ke tubuh, ada peran antigen yang bertugas mempelajarinya. Keberadaan antigen itulah yang dideteksi.

Tes swab antigen bagi taruna/i PRODI AE tingkat 2 diwajibkan sebelum mengikuti praktek secara offline di Kampus STTKD Yogyakarta, langkah ini dilakukan demi menjaga jangan sampai terdapat kasus penyebaran virus Covid-19 di lingkungan STTKD Yogyakarta.

Tes dilaksanakan pada hari minggu 28/03/21 di kampus STTKD Yogyakarta, dengan peserta sejumlah 68 Taruna/i PRODI DIII Aeronautika.

Tes Swab antigen mendapat luaran yang yang baik dengan tingkat akurasi yang tinggi, keseluruhan peserta mendapat hasil negatif virus covid-19. Hasil dan langkah ini dapat dijadikan acuan untuk proses perkuliahan atau praktikum di kampus secara offline, tanpa adanya kekhawatiran akana penularan virus covid-19.

 

Terima kasih

Salam hangat

Prodi Aeronautika

Lowongan Pekerjaan PIC Batam Aero Technic

Dibutuhkan Person in Charge (PIC) di perusahaan Batam Aero Technic, bagi yang berminat silahkan daftar di link pendaftaran http://bit.ly/FORMREGISTRASIPICLG.

Terima kasih

Salam hangat

Prodi Aeronautika

Pelatihan Life Skill Elektronika Audio dan Automatic Hand Sanitizer di Dusun Kragilan RT 004/RW 007 Pondok Condongcatur, Depok, Sleman

 

Tim dari Sekolah tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta melakukan kegiatan penelitian di Dusun Kragilan RT 004/RW 007 Pondok Condongcatur, Depok, Sleman, D. I.Yogyakarta. kegiatan ini merupakan program pengabdian masyarakat dari Dosen Aeronautika dan Teknik Dirgantara di Sekolah tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta. Untuk merespon akan kebutuhan kegiatan cuci tangan di masyarakat pada masa pandemic covid-19, tim dosen memberikan perangkat automatic hand sanitizer dan juga memberikan pelatihan life skill mengenai perawatan perangkat yang ada.

Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran virus covid-19 khususnya di dusun Kragilan RT 004/RW 007 Pondok Condongcatur, Depok, Sleman. Hand sanitizer otomatis dapat mengeluarakan cairan pembersih tanpa harus menekannya. Alat ini mengunakan sensor jarak (ultrasonic, IR) sebagai sinyal input untuk mendeteksi adanya halangan di depan, dan akan di proses oleh perangkat kontrol elektronik, yang selajutnya menggunakan motor servo sebagai output yang bertugas sebagai pendorong tombol tekan hand sanitizer.

Acara diawali dengan memberikan pelatihan soft skill kepada masyarakat melalui presentasi dosen dan dilanjutkan dengan perakitan alat hand sanitizer otomatis bersama masyakat langsung. Dengan melibatkan masyarakat langsung namun tetap memperhatikan protokol Kesehatan guna memberikan edukasi langsung dan juga peranan masyarakat dalam mencegah penyebaran virus covid-19 masyarakat dapat langsung mengaplikasikan Hand sanitizer otomatis dan menggunakannya dengan mudah.

Perangkat hand sanitizer otomatis ini diaplikasikan di fasilitas umum masyarakat yang biasa digunakan untuk kegiatan posyandu, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), kegiatan RT dll. Bantuan ini diberikan oleh Dosen Aeronautika dan Teknik Dirgantara di Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang harus tetap melakukan kegiatan kemasyarakatan di tengah pandemic, agar tetap terlindungi dari covid-19.

21 Alumni Taruna/i (Aeroanutika/Teknik Dirgantara/AMTO) STTKD Yogyakarta Diterima Menjadi CABA PK Khusus Penerbangan TNI AD

Selamat pagi, civitas akademika STTKD

Berita menggembirakan bagi kita seluruh civitas akademika STTKD bahwa alumni Taruna/i kita berhasil masuk dan diterima oleh CABA PK Khusus Penerbangan TNI AD dari seleksi yang telah dilakukan pada Kamis, 29 Oktober 2020 lalu.

Total peserta yang mengikuti berjumlah 31 Taruna/i dari STTKD. Hasil yang diperoleh bahwa 21 Taruna/i STTKD berhasil lolos seleksi dan diterima untuk menjadi Teknisi Pesawat Terbang TNI AD. Berikut lampiran daftar nama-nama yang diterima dan tidak diterima.

Salam hangat,
Prodi D3 Aeronautika

Program Pengembangan Dosen dan Instruktur AMTO dan D3 Aeronautika dalam AIRCRAFT FAMILIARIZATION OF BOEING 737-200

AMTO 147 STTKD bekerjasama dengan Prodi D3 Aeronautika dan S1 Teknik Dirgantara mengadakan program pengembangan keilmuan dosen dan instruktur dalam bidang kedirgantaraan  yang mengambil tema Aircraft Familiarization of Boeing 737-200. Kegiatan ini berlangsung selama dua hari yaitu Selasa-Rabu, 25-26 Agustus 2020 mulai pukul 08.30 sampai 15.00 WIB yang bertempat di ruang B4 dan Hangar STTKD.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh WAKA I bidang akademik bapak Erwhin Irmawan, S.Si., M.Cs., di mana beliau menekankan pentingnya dosen dan instruktur untuk mengetahui sistem pesawat sehingga ketika memberikan pembelajaran, bimbingan ataupun pengujian taruna akan mudah dilakukan. Dosen yang rata-rata dari kalangan akademisi masih banyak yang belum tahu tentang sistem pesawat, dengan adanya kegiatan ini diharapkan  akan mendapatkan banyak wawasan tambahan khususnya tentang sistem pesawat Boeing 737-200 yang dimiliki oleh STTKD.

Pemateri utama dalam program keilmuan ini adalah Bapak Amir Fachrudin, Amd dan Bapak Herry Sutopo yang merupakan pensiunan dari Line Mainteance GMF. Materi yang diberikan berupa pengenalan pesawat Boieng 737 series, sistem hidrolik, sistem AC, sistem fuel, dan sistem APU. Materi diberikan secara teori dan dilanjutkan dengan visit ke pesawat Boeing 737-200 yang berada di hangar STTKD.

Acara ini selain diikuti oleh dosen-dosen yang berasal dari prodi D3 Aeronautika dan prodi S1 Teknik Dirgantara, juga diikuti oleh para instruktur AMTO 147 STTKD sebagai bentuk program pengembangan keilmuan instruktur AMTO yang tertuang dalam Instructor Development Program (IDP).

 

 

Kalender Akademik Tahun 2020-2021 STTKD Yogyakarta

Himbauan Protokol Kesehatan New Normal D3 AE AMTO 147 dan STTKD

Selamat siang, salam sejahtera bagi kita semua.

Bapak /Ibu berikut kami sampaikan himbauan protokol kesehatan new normal di lingkungan Yayasan Citra Dirgantara, D3 AE AMTO 147, dan Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.

Demikian informasi yang dapat disampaikan dan dicermati. Terima kasih.

Salam hangat,
Prodi D3 Aeronautika

STTKD Berikan Bantuan Paket Sembako Bagi Taruna D3 Aeronautika dan AMTO 147

Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta memberikan bantuan berupa barang barang kebutuhan pokok atau paket sembako. Bantuan ini diberikan khusunya kepada taruna taruni STTKD yang masih bertahan di Yogyakarta pada masa pandemi Covid 19. Tidak terkecuali bantuan ini juga diberikan kepada taruna dan taruni D3 Aeronautika dan AMTO 147 yang masih berada di Jogja.

Perlu diketahui bahwa STTKD saat ni menerapkan pembelajaran daring selama masa pandemi Covid 19 demi mencegah penyebaran virus ini. Demi menunjang pembelajaran daring ini STTKD juga telah memberikan bantuan paket data kepada seluruh taruna taruni.

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu kesulitan yang dialami oleh taruna dan taruni yang masih tinggal di Yogyakarta adalah terkait pemenuhan kebutuhan pokok seiring banyaknya pelaku ekonomi yang mengurangi aktivitasnya meski DIY sampai saat ini tidak menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Tentu ini juga dapat menimbulkan kesulitan bagi Taruna dan taruni untuk berbelanja memenuhi kebutuhan sehari hari seperti kebutuhan untuk makan.

Paket bantuan sembako yang diberikan kepada taruna dan taruni berupa beras, mi instan dan telur. Pembagian sembako ini dilakukan selama dua hari mulai hari Rabu dan Kamis 22-23 April 2020.

Secara khusus, pembagian paket sembako kepada taruna dan taruni D3 Aeronautika dan AMTO 147 dilakukan pada hari kamis 23 April 2020. Bantuan sembako ini dibagikan secara langsung oleh Kaprodi D3 Aeronautika, Heru Susanto, S.Pd.T., M.Eng. dan dibantu relawan dari taruna. Pembagian bantuan ini dilakukan di kampus STTKD dengan tetap menerapkan protokol kesehatan seperti penyemprotan disinfektan dan pengukuran suhu. Disamping itu juga dilakukan dengan menerapkan physical distancing.

 

“Harapan terbesar dari institusi adalah taruna taruni dapat memperolah manfaat dari bantuan ini sehingga tetap dalam melakukan tugas tugasnya sebagai taruna taruni STTKD”, terang Heru.

Salam hangat,
Prodi D3 Aeronautika

Surat Pemberitahuan Antisipasi Covid-19 di RT 01 Saman untuk STTKD


Selamat siang, salam sejahtera untuk kita semua.

Surat pemberitahuan dari RT 01 Dusun Saman tentang Antisipasi Covid-19 untuk taruna/i STTKD yang sedang bertahan di kos/kontrakan di dusun saman dekat STTKD atau yang sedang diluar kota namun mau kembali lagi ke wilayah Dusun Saman.

Dimana, terdapat peraturan yang harus diperhatikan dan wajib dilaksanakan. Berikut lampiran surat pemberitahuan untuk dapat dilihat dan dicermati.

  1. Surat Pemberitahuan Antisipasi Covid-19 di Lingkungan RT 01 Saman

Perhatian ini juga ditujukan kepada taruna taruni STTKD khususnya prodi D3 Aeronautika yang kost/kontrak di Dusun Saman dekat STTKD.

Demikian harap dimaklumi. Terima kasih.

 

Idemu Bantu Indonesia Melawan Virus Covid-19

Ideathon Indonesia
Gotong Royong Melindungi Bangsa dari COVID-19

Kemenristek/BRIN mendorong penggiat iptek, mahasiswa, pakar industri, dan masyarakat umum untuk berinovasi melalui: ide, solusi, produk, sistem, platform, atau aplikasi mobile/web untuk bergotong royong melindungi bangsa dari COVID-19 melalui pengusulan ide-ide/pemikiran, tidak terbatas, pada area berikut:

  • Pencegahan virus
  • Pengendalian virus
  • Manajemen pelayanan dan perawatan pasien
  • Mitigasi masyarakat
  • Keberlanjutan usaha/bisnis
  • Metode pembelajaran jarak jauh

Ide-ide/pemikiran dapat diimplementasikan, namun tidak terbatas, pada:

  • Aplikasi di ponsel
  • Web
  • Internetof Things (IoT)
  • Big Data
  • Artificial Intelligence
  • Perangkat Elektronik/Teknologi lainnya.

Usulan ide yang masuk akan dinilai oleh komite penilai.

Ide-ide terbaik yang terpilih akan difasilitasi oleh Kemenristek/BRIN dan/atau lembaga terkait untuk diimplementasikan .

Pengumuman: 8 April 2020
Pendaftaran: 13-20 April 2020
Penilaian oleh Komite Penilai: 21-25 April 2020
Pengumuman Ide Terbaik: 30 April 2020

Informasi lebih lanjut kunjungi laman web:
http://ristekbrin.go.id/ideathon

Untuk pengusulan ide melalui alamat:
http://ristekbrin.go.id/ideathon/form-registrasi/

 

Download:

  1. Pengumuman Ideathon (.pdf)
  2. Poster Ideathon (.jpg)