KULIAH UMUM “CYBER CRIME ELECTRONIC TRANSACTION” OLEH KOMPOL LOGOS BINTORO SUBDIT V / TIPIDSIBER DITRESKRIMSUS POLDA DIY

Selasa, 30 Agustus 2022 jam 09.00 bertempat di Ruang Kuliah Umum Al-Batros lantai 3 Gedung utama Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD). Taruna/I baru Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD mengikuti perkuliahan umum yang bekerja sama dengan SUBDIT V / TIPIDSIBER DITRESKRIMSUS POLDA DIY.

Perkuliahan umum ini dibersamai oleh Kompol Logos Bintoro,S.H,M.H., yaitu KANIT 3 SUBDIT 5/SIBER. Kehadiran Kompol Logos menggalang antusiasme Taruna/I dalam mengikuti kegiatan kuliah umum pada hari itu. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya pesera yang bertanya terkait dengan materi yang disajikan. Tema perkuliahan umum pagi itu pun menambah antusiasme mahasiswa, yaitu “CYBER CRIME ELECTRONIC TRANSACTION“. Kegiatan perkuliahan umum dibuka oleh Erwan Eko Prasetyo, S.Pd., M.Eng selaku Kaprodi D-3 Aeronautika dan turut serta dihadiri oleh dosen-dosen STTKD.

Dalam kegiatan tersebut, disampaikan oleh Kompol Logos Bintoro bahwa pada dasarnya manusia tidak terlepas dari teknologi internet. Dengan padatnya aktifitas dalam dunia maya, kejahatan cyber tidak dapat dihindarkan. Dengan kejahatan cyber yang tidak ada batasnya, maka wajib bagi kita mengenali modus yang digunakan oleh para pelaku kejahatan cyber. Dengan mengenali modus penipuan on-line, yaitu bisa dilakukan dengan tidak menanggapi pesan yang menggiurkan dari penawaran berbagai produk atau jasa dari orang yang tidak dikenal.

Dengan ditetapkannya UU ITE No.19 tahun 2016 pasal 27 ayat 1, 2, 3 Pasal 28 ayat 1, 2 Pasal 29 sampai pasal 31 dengan ketentuan pidana pada pasal 45 sampai pasal 48. Korban kejahatan cyber dapat melaporkan kejahatan cyber di kepolisian dengan penanganan pada divisi CYBER POLRI.

Perkuliahan umum pagi itu juga diiringi dengan sesi tanya jawab di bagian akhir yang diikuti secara aktif oleh Taruna/I. Setelah seluruh kegiatan selesai, kulah umum ditutup oleh Erwan Eko Prasetyo, S.Pd., M.Eng.

 

Terima kasih

Salam hangat

Prodi Aeronautika