PENGENALAN INSTALASI LISTRIK RUMAH TANGGA DENGAN EARTH LEAKED CIRCUIT BREAKER (ELCB) DI DUSUN KRAGILAN RT 004/RW 007 PONDOK CONDONGCATUR, DEPOK, SLEMAN, D. I.YOGYAKARTA

Tim dari Sekolah tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta melakukan kegiatan pelatihan pada hari Minggu 12 Juni 2022 di ruang Posyandu RT Dusun Kragilan RT 004/RW 007 Pondok Condongcatur, Depok, Sleman, D. I.Yogyakarta. kegiatan ini merupakan program pengabdian masyarakat dari Dosen Program Studi Aeronautika (Heru Susanto. S.Pd.T., M.Eng. dan Agus Nurcahyo, S.T., M.Eng.) Dosen Program Studi Teknik Dirgantara (Muhammad Luqman Bukhori, S.T., M.T. dan Muhammad Fa’iz Alfatih, S.T., M.T.) dan juga Dosen Program Studi Manajemen Transportasi (Hodi, S.I.P., M.M.) beserta Taruna/i di Sekolah tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta. Untuk merespon akan kebutuhan keamanan tersengat listrik rumah warga, tim dosen memberikan perangkat earth leaked circuit breaker (ELCB) dan juga memberikan pelatihan life skill mengenai cara pemasangan perangkat yang ada.

 

Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung upaya pencegahan tersengat arus listrik yang saat ini banyak konstruksi banguna rumah yang menggunakan baja ringan, yang mana merupakan konduktor arus listrik. Jika terjadi kerusakan pada kabel dan menempel pada konstruksi baja ringan, tidak memungkiri kejadian tersengat listrik tidak dapat dihindari.

Dengan adanya perangkat ELCB maka tersengat listrik akibat dari kerusakan pada instalasi  listrik di bangunan berkontruksi baja ringan dapat dicegah, sehingga tidak membahayakan manusia di sekitar bangunan. Perangkat akan mendeteksi arus listrik yang tidak seimbang, Sebagai contoh, ketika seseorang menyentuh kabel listrik yang terbuka dari alat listrik yang sedang menyala, maka arus listrik akan bocor dan mengalir melalui orang tersebut.

 

Terima kasih

Salam hangat

Prodi Aeronautika